Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Kernel Panic RB532A:Coretan Kejujuran

Friday, September 30, 2011

Kernel Panic RB532A

Pusing dah kalau RB kita mengalami kerusakan Kernel Panic
di sini saya ingin share adja gimana cara nya untuk mengatasi kerusakan tersebut
setelah lama jalan-jalan ke forum dan tanya sana sini saya akhir nya bisa ngatasi problem kernel panic pada RB532A
sebener'e solusi nya sangat gampang tapi kalo belum mengetahui benar tentang firmware dan routerOS ya rada susah buat ngejelasin nya
pertama sech gw bingung mau di apain nie RB, soal'e dah tak coba oprek2 dan hasil nya gagal melulu tp gw gak nyerah sampai disini adja,  gw tinggal adja dech cari makan n beli rokok sapa tau kalo habis di isi perut nya ntar sie RB jadi mau di oprek heheee.....

dah ah langsung adja menuju TKP

hal yg harus disiapkan adalah : 1. rokok 2. kopi 3. RB532A yg KO 4. kabel serial rs232 5. kompiuter 6. koneksi internet ( kalo gak ada koneksi agak ribet soal nya )

Langkah-langkah nya cukup simpel

1. buka hyperterminal ( kalo di linux bisa pake putty tinggal set saja connect type=serial trus speed=115200 )

2. nyalain RB532A ( cepet-cepet tekan sembarang tombol buat masuk ke menu bios nya )

3. kalau sudah di menu bios pilih upgrade firmware ( via serial saja biar lebih mudah )

4. uploade dech firmware yang sudah kita download ( coba dari yang versi rendah dulu )

5. setelah create firmware yg baru berhasil tekan sembarang tombol buat flashing

jika langkah tersebut sudah berhasil sedikit bergembiralah karena RB anda sudah bisa booting dan tidak kernel panic lagi hahahaaaaaa......

eits....proses nya belum kelar sampe disini, yg gw alami setelah bisa masuk ke mikrotik nya ternyata License nya hilang

tp jangan takut kalau License nya hilang karena bisa kita minta lagi dari mikrotik.com dengan cara membeli License yg baru

kalau gak mau beli yaw kita cari ae RouterOS versi dibawah 3.30

setelah cari2 dan mencoba-coba akhir nya gw berhasil pake versi 3.9 ( dengan catatan SID harus 7 digit kalau SID 8 digit tu License tetep gak akan bisa kita dapat lagi )

setelah itu masuk mikrotik.com buat minta key dengan SID yg 7 digit tersebut

kalau sudah dapat License key nya langsung adja copas ke Mikrotik ny

GW JAMIN BERHASIL......
KALO blun berhasil di coba lagi, lagi, dan lagi yg jelas ente harus punya firmware dari versi jadul ampe yg terbaru dulu

YG JELAS JANGAN PERNAH TAKUT BUAT MENCOBA, KRN KALAU GAK DI COBA KITA GAK AKAN TAU HASIL ny

ampe disini dulu ae share nya, untuk screenshoot nya blum sempet ane bikin

SELAMAT MENCOBA....

Catatan : Jika pada terminal anda anda pemberitahuan "PHY error" maka jangan dilanjutkan lagi ngoprek nya karena hanya akan memakan waktu, tenaga dan pikiran anda.
"PHY error" >> itu kerusakan pada controller ethernet nya. ( pengalaman sudah membuktikan )

0 komentar:

Post a Comment